PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN MOTIF BATIK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK JAZID BASTOMI PURWOREJO


No. Klasifikasi : 807
Pengarang : DEWI SHANTI N, SE, MM HESTI RESPATININGSIH, SE
Penerbit : Perpustakaan STIE RAJAWALI
Tahun Terbit : 2009

 

ABSTRAK

 

Suatu Perusahaan tetap dapat bersaing dan bertahan dipasaran jika dalam mengeluarkan produk disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, kemudian mengkomunikasikan keunggulan produk kepada konsumen. Seorang konsumen dalam mengambil keputusan pembelian suatu produk dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya kualitas produk dan motif/ bentuk suatu produk. Mengacu dari kenyataan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian tentang Pengaruh Kualitas produk dan Motif batik Terhadap Keputusan Pembelian Batik Produk Jazid Bastomi Purworejo“ .

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Apakah variabel kualitas Produk dan Motif batik  secara bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian ?(2)Apakah variabel kualitas Produk dan Motif batik  secara parsial berpengaruh  positif  dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian ?

Populasi yang dikaji dalam penelitan ini adalah pengunjung yang datang ke Bautique Jazid Bastomi selama satu bulan sebanyak 375 orang yang diambil adalah sebagian dari populasi sebanyak 38 orang.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling yaitu Teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Variabel yang ada dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu variabel kualitas produk dan variabel motif batik, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yaitu keputusan pembelian.

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode observasi, metode kuesioner (angket) , metode dokumentasi dan metode studi pustaka. Untuk metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Linier Berganda yang digunakan untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas ( Independen ) dan variabel terikat (Dependen) yaitu antara kualitas produk (X1) dan motif batik (X2) terhadap keputusan pembelian (Y). Dengan menggunakan SPSS dapat diperoleh  F hitung sebesar 0,633< F tabel 3,22 dengan taraf signifikan5%, sehingga hipotesa alternative (Ha) ditolak yaitu tidak ada  pengaruh positif antara  kualitas produk dan motif batik terhadap keputusan pembelian batik produk Jazid Bastomi.

Kesimpulan  hasil penelitian adalah tidak ada pengaruh antara kualitas produk dan motif batik terhadap keputusan pembelian batik produk Jazid Bastomi . Besar pengaruh variabel kualitas terhadap keputusan pembelian dapat dilihat dari  t hitung = 0,573 dengan nilai t tabel =2,031 (0,573<2,031). Hal ini berarti tidak ada pengaruh secara parsial antara kualitas produk terhadap keputusan pembelian, sedangkan untuk variabel motif t hitung = -1,091 dengan t tabel =2,031                 (-1,091<2,031). Hal ini berarti tidak ada pengaruh secara parsial antara motif batik terhadap keputusan pembelian.

 

Kata Kunci:   kualitas produk, motif batik dan keputusan pembelian.

 

Bantuan Online

Agenda & Event Index »