ANALISA PENENTUAN JUMLAH KENDARAAN DAN TARIF ANGKUTAN UMUM DI KABUPATEN PURWOREJO (Studi Kasus Trayek Angkutan Kota Jalur 19 Dan Jalur 20)


No. Klasifikasi : 807
Pengarang : Dewi Shanti Nugrahani, SE,MM
Penerbit : Perpustakaan STIE RAJAWALI
Tahun Terbit : 2009

 

ABSTRAK

 

Angkutan Umum sebagai salah satu elemen dari sistem transportasi memegang peranan yang sangat penting bagi daerah perkotaan. Kota yang baik dapat ditandai dengan melihat sistem transportasi angkutan umumnya. Salah satu permasalahan yang sering dihadapi pemakai jasa angkutan umum adalah besarnya biaya yang harus dikeluarkan, ketidaknyamanan serta keselamatan penumpang. Disamping itu juga bagi pengusaha angkutan umum seringkali tidak mendapatkan keuntungan yang layak. Metode Break Event Point dengan memperhitungkan biaya operasi kendaraan, pendapatan, load factor yang memasukkan variabel-variabel baru yang belum dipertimbangkan sebelumnya, diharapkan dapat memberikan masukan bagi perencanaan operasi angkutan umum yang mempertimbangkan kepentingan pemakai jasa angkutan umum (penumpang), pengusaha angkutan umum (pengelola) dan pemerintah (regulator) dalam hal penentuan tarif dan penentuan jumlah armada dengan sasaran untuk meningkatkan efisiensi dan tingkat pelayanan dari angkutan umum yang ada.

Berdasarkan hasil penelitian untuk saat ini jumlah armada yang beroperasi sebanyak 56 armada tidak perlu ditambah karena sudah mencukupi kebutuhan angkutan umum bagi penumpang dan apabila ditambah justru akan menyebabkan kerugian bagi pengusaha angkutan karena berkurangnya jumlah pendapatan yang diterima, sedangkan tarif yang berlaku berdasarkan hasil penelitian tarif yang berlaku saat ini Rp.4.000,00 untuk jalur 19 dan Rp. 5.000,00 untuk jalur 20, berdasarkan hasil penelitian dan perhitungan kemampuan membayar masyarakat untuk biaya angkutan umum di Kabupaten Purworejo adalah Rp. 1.400 sampai dengan Rp.3.500,00. Hal ini membuktikan bahwa tarif angkutan saat ini terlalu tinggi.

 

 

Kata Kunci:   penentuan jumlah kendaraan, penentuan tarif

Bantuan Online

Agenda & Event Index »