PENGARUH EKUITAS MEREK DAN PROMOSI TARI DOLALAK TERHADAP MOTIVASI BERKUNJUNG WISATAWAN DI KABUPATEN PURWOREJO


No. Klasifikasi : 807
Pengarang : Anna Probowati, SE, MM
Penerbit : Perpustakaan STIE RAJAWALI
Tahun Terbit : 2011

 

ABSTRAK

 Kesenian tradisional Tari Dolalak merupakan salah satu produk unggulan di Kabupaten Purworejo yang dapat dijadikan daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke obyek-obyek wisata di Kabupaten Purworejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Ekuitas Merek dan Promosi Tari Dolalak Terhadap Motivasi Berkunjung Wisatawan di Kabupaten Purworejo.

Data yang digunakan yaitu data primer tentang variabel ekuitas merek (5 item), variabel promosi (5 item), dan variabel motivasi berkunjung (4 item). Sampel yang digunakan sebanyak 112 wisatawan di Kabupaten Purworejo pada bulan Mei-Juni 2010 dengan metode pengambilan sampel purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis SEM.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa terbukti loyalitas merek memberikan kontribusi yang dominan terhadap ekuitas merek (0.502), terbukti periklanan memberikan kontribusi yang dominan terhadap promosi (0.581), terbukti motivasi budaya memberikan kontribusi yang dominan terhadap motivasi berkunjung (0.541), variabel ekuitas merek berpengaruh terhadap motivasi berkunjung wisatawan (2.938), variabel promosi berpengaruh terhadap motivasi berkunjung wisatawan (1.895), dan variabel ekuitas merek memberikan pengaruh dominan terhadap motivasi berkunjung wisatawan (2.938).

 

 

Kata Kunci:   Ekuitas Merek, Promosi, dan Motivasi Berkunjung Wisatawan.

Bantuan Online

Agenda & Event Index »