PENGARUH KOMPONEN PEMBENTUK EKUITAS MEREK TERHADAP INTENSITAS PEMBELIAN KRIMPYING BUGEL MEREK “YU KAS” SEBAGAI PRODUK KULINER KHAS DAERAH KABUPATEN PURWOREJO


No. Klasifikasi : 807
Pengarang : Hesti Respatiningsih, SE
Penerbit : Perpustakaan STIE RAJAWALI
Tahun Terbit : 2010

 

ABSTRAK

  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komponen pembentuk ekuitas merek terhadap intensitas pembelian krimpying Bugel merek “Yu Kas” sebagai wisata kuliner Kabupaten Purworejo. Metode penelitian ini menggunakan metode eksplanatori. Sampel sebanyak 125 konsumen toko ritel yang menjual produk krimpying Bugel merek “Yu Kas”. Data diungkap menggunakan instrumen berupa kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Uji Hipotesis menggunakan uji t, uji F, regresi berganda dan koefisien determinasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kesadaran merek secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap intensitas pembelian, variabel asosiasi merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap intensitas pembelian, variabel persepsi kualitas merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap intensitas pembelian, dan loyalitas merek secara parsial berpengaruh signifikan terhadap intensitas pembelian. Sedangkan secara simultan keempat komponen pembentuk ekuitas merek memberikan pengaruh secara signifikan terhadap intensitas pembelian. Persamaan regresi yang didapat adalah  = 0,099 X1 + 0,282 X2 – 0,022 X3 + 0,519X4. Dari hasil koefisien determinasi bahwa kesadaran merek X1), asosiasi merek (X2), persepsi kualitas merek  (X3) dan loyalitas merek (X4) telah mampu menjelaskan 50,3% mempunyai pengaruh terhadap intensitas pembelian. Sementara 49,7% intensitas pembelian dipengaruhi faktor lain di luar penelitian. Dari ke empat variabel komponen pembentuk ekuitas merek variabel loyalitas merek mempunyai pengaruh paling besar terhadap intensitas pembelian.

 

Kata Kunci:   Kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas merek, loyalitas merek dan intensitas pembelian.

Bantuan Online

Agenda & Event Index »