PENGARUH PELATIHAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA TERHADAP PRODUKTIVITAS GULA KELAPA DI DESA PURWOSARI KECAMATAN KUTOARJO KABUPATEN PURWOREJO


No. Klasifikasi : 807
Pengarang : Anna Probowati, SE, MM
Penerbit : Perpustakaan STIE RAJAWALI
Tahun Terbit : 2008

 

 

ABSTRAK

 Pelatihan teknologi tepat guna merupakan pelatihan yang mampu menciptakan/menyerap tenaga kerja mandiri, beretos kerja tinggi dan produktif serta dapat menciptakan tenaga kerja baru atau memperluas kesempatan kerja pada sektor informal terutama di daerah pedesaan sehingga dapat mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara pelatihan teknologi tepat guna dengan produktifitas gula kelapa di Desa Purwosari Kecamatan Kutoarjo Kabupaten Purworejo.

Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional yang bertujuan untuk mencari hubungan antara variabel pelatihan (x) dengan variabel produktifitas (y). Jenis data meliputi data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Data yang ada kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik yaitu Korelasi Product Moment, Uji Hipotesis, Determinasi, dan Regresi Sederhana.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara pelatihan teknologi tepat guna dengan produktifitas gula kelapa dimana diperoleh koefisien sebesar 0,732. Ada pengaruh antara pelatihan teknologi tepat guna dengan produktifitas gula kelapa. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan data yang berupa angka dimana diperoleh t hitung lebih besar dari t tabel (3,025 > 2,306). Koefisien determinasi sebesar 0,535 menunjukkan bahwa pengaruh pelatihan teknologi tepat guna terhadap produktifitas gula kelapa sebesar 53,5% dan sisanya 46,5% dipengaruhi oleh faktor lain seperti pohon kelapa yang sudah tua, tidak produktif, kualitas rendah dan dipengaruhi faktor cuaca. Regresi sederhana dengan nilai Y = 27,449 menunjukkan perbandingan lurus antara produktifitas dengan pelatihan, artinya produktifitas akan meningkat jika pelatihan ditingkatkan.

 

 

Kata Kunci:   Pelatihan, Teknologi Tepat Guna, dan Produktifitas Gula Kelapa.

Bantuan Online

Agenda & Event Index »